02
May

TIPS “WORK FROM HOME” AGAR TETAP FIT DAN SEHAT

Banyak perusahaan yang menerapkan WFH (Work from home ) bagi karyawannya saat COVID-19. Terdengar menyenangkan walaupun bekerja dari rumah, namun terkadang kita lupa menerapkan pola hidup sehat. Terkadang tak terasa karena di rumah lupa makan tidak teratur, ngemil saat menonton TV dan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur. Berikut adalah tips untuk yang WFH (Work from home ) agar badan tetap fit dan sehat:

1. Tetap bangun pagi dan sarapan

Doc: Pinterest

            Kalian bisa bangun lebih siang dari biasanya karena tidak harus pergi ke kantor. Tapi penting untuk tetap membiasakan diri bangun pagi. Tidur 8 jam serta di dukung dengan tempat tidur atau matrass yang nyaman, penting untuk menjada pola tidur dan kesehatan. Bangun pagi kalian bisa memiliki waktu untuk memasak makanan sehat dan bisa menikmati sarapan. Sarapan yang sehat dapat memberikan energi di siang hari serta dapat fokus dalam bekerja.

2. Berjemur di pagi hari

Selain sarapan, kalian juga disarankan untuk berjemur di pagi hari. Kebiasaan ini tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang, tetapi juga mampu membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Ini tentu akan memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja Anda selama menjalani WFH.

3. Duduk dengan posisi yang benar

Doc: Pinterest

Posisi bekerja saat WFH memang lebih bebas, bahkan sambil tiduran di tempat tidur atau selonjoran pun bisa. Namun, sebaiknya kalian tetap bekerja dengan posisi duduk layaknya sedang bekerja di kantor, yaitu dengan kursi dan meja. Pilihlah kursi dan meja yang nyaman saat bekerja.

Walaupun awalnya terasa lebih nyaman, bekerja sambil berbaring atau tengkurap terlalu lama bisa meningkatkan risiko Anda sakit punggung, leher, atau bahu, karena otot-otot di bagian tersebut menjadi kaku. Selain itu, Anda disarankan untuk berdiri dan berjalan atau melakukan peregangan paling tidak 1 jam sekali. Cara ini berguna untuk mengurangi ketegangan otot-otot yang cukup lama bertahan di posisi yang sama.

4. Konsumsi makanan sehat

Agar daya tahan tubuh dan kesehatan tetap terjaga, konsumsilah makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang, yaitu mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, serat, mineral, dan vitamin. Dengan waktu di rumah yang lebih banyak, Kalian juga bisa lebih sering memasak. Cobalah beragam resep makanan sehat sehingga menu makan bervariasi dan kalian pun tidak cepat bosan.

Selain itu, tidak adanya batasan waktu seperti di kantor bisa membuat jadwal makan kalian menjadi berubah selama WFH. Sebisa mungkin, tetap jaga jadwal makan seperti biasa untuk menghindari masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung.

5. Lakukan olahraga rutin

Agar tubuh dan pikiran tetap sehat selama menjalani WFH, Kalian harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Ada banyak olahraga di rumah yang bisa Kalian lakukan, mulai dari yoga, push up, senam aerobik, lompat tali, zumba dan tabata.

Jika kalian membutuhkan bimbingan dari ahlinya, ikutilah tutorial olahraga online yang tersedia di berbagai platform media sosial. Selain itu, Kalian juga boleh, kok, lari pagi di luar rumah. Namun, ada syaratnya. Tetap terapkan physical distancingyaitu menjaga jarak 1–3 meter dari orang-orang di sekitar kalian.